Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 27 Juni 2009

Jejak Pejuangan KH Nachrowi (Pamijen-Sokaraja)


Oleh: Syafiq El_Mijeni


Beliau dilahirkan di desa Dawuhan Kulon kec. Kedungbanteng Banyumas. Beliu menimba ilmu di Kedung Paruk, Mersi kepada Syeik Abdul Jamil. kehidupannya penuh dengan kesederhanaan dan perjuangan. hidupnya sebagian besar diberikan untuk dakwah Islam. Setelah menikah dengan Nyai Parsinah beliau tinggal di desa Pamijen kec. Sokaraja yang dulu merupakan desa abangan di mana nilai-nilai Islam sangatlah sedikit menyinari kehidupan para warganya. KH. Nachrowi dalam perjuangan di Pamijen bukanlah hal yang mudah, tetapi penuh dengan suka dan duka. Banyak tantangan dari masyarakat sekitar.
walaupun beliau hanya bekerja sebagai seorang penjual burung yang tidak pasti penghasilannya, beliau tidak pernah lupa untuk berjuang untuk Islam. bahkan perut rela diikat untuk dakwah Islam dan untuk kehidupan keluargannya. Beliaulah sang Ulama yang telah memberikan pondasi keagamaan khususnya untuk warga Pamijen.
Beliau wafat pada hari senin manis 30 oktober 1987. Beliau mempunyai sebelas putra dan putri, beberapa di antaranya telah menjadi penerus perjuangan beliau khususnya di desa pamijen seperti KH. Faedurrahman dan Kyai Abdussalam. inilah sekilas tentang kehidupan Ulama dari Sokaraja, Si Mbah KH. Ncahrowi..

1 komentar:

  1. sebagai warga pamijen khusus nya desa kedung kidang rt005/004, aku suka blog anda,,,mudah2an denagn adanya blog ini, warga tau tentang sajarah perjuangan kh nahrowi...

    BalasHapus

Silahkan Bagi Sahabat-sahabat Yang Ingin Sedikit menuangkan pernyataan dan pertanyaan...! :)